cara membuat game sederhana dengan flash

UNTUK MENDOWNLOAD ARTIKEL INI...KLIK DI SINI...


D. Membuat tampilan jika kalah

52. Klik frame 13 layer batas agar anda aktif di layer tersebut. Kemudian buatlah sebuah gambar seperti di bawah ini dan letakkan di tengah-tengah stage :


53. Klik frame 13 layer karakter agar anda aktif di layer tersebut. Buatlah sebuah persegi panjang berwarna putih dengan alpha 40% dengan panjang dan lebar sama dengan panjang dan lebar stage. Letakkan persegi panjang tersebut di tengah-tengah stage.

54. Buatlah sebuah static text bertuliskan GAME OVER. Seleksi static text ini lalu pilih pada menu bar Window>Properties>Filters. Tekan tanda + dan pilih Glow. Ubah settingannya menjadi Blur X :5, Blur Y: 5, Strength : 100%, Quality: low, Color: putih (#FFFFFF), knockout dan inner glow tidak perlu diberi tanda contreng.

55. Buatlah 3 buah static text masing-masing bertuliskan Anda Gagal Menyelesaikan Game ini, Score Anda , Main lagi. Seleksi 3 buah static text ini kemudian pada panel filters klik tanda + dan pilih Glow. Ubah parametersnya menjadi settingannya menjadi Blur X :5, Blur Y: 5, Strength : 100%, Quality: low, Color: putih (#FFFFFF), knockout dan inner glow tidak perlu diberi tanda contreng.

56. Seleksi static text bertuliskan Main Lagi kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan mainlagi_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok. Seleksi button mainlagi_btn di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan mainlagi_btn sebagai instance name.

57. Buatlah sebuah dynamic text. Seleksi dyanmic text tersebut dan pada panel properties masukkan skor_tampil sebagi var. Pastikan anda masih menyeleksi dynamic text ini kemudian pilih pada menu bar Window>Properties>Filters. Tekan tanda + dan pilih Glow. Ubah settingannya menjadi Blur X :5, Blur Y: 5, Strength : 100%, Quality: low, Color: putih (#FFFFFF), knockout dan inner glow tidak perlu diberi tanda contreng.

58. Atur letak static text, dynamic text dan button yang kita buat pada frame 13 layer karakter seperti gambar di bawah ini :


59. Klik kanan frame 19 layer karakter dan pilih Insert KeyFrame. Pada frame 19 layer karakter ubah static text bertuliskan Anda Gagal Menyelesaikan Game ini menjadi Anda Berhasil Menyelesaikan Game ini. Klik frame 19 layer batas dan buatlah gambar seperti di bawah ini :

F. Mengatur Linkage

60. Tekan Ctrl+R dan pada panel yang muncul cari 3 buah suara yang diinginkan yang akan digunakan untuk background musik, suara pemain mendapatkan koin, dan suara pemain menabrak misil lalu tekan open.

61. Tekan Ctrl+L dan pada panel library yang muncul klik kanan suara yang digunakan sebagai background musik lalu pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan musik sebagai identifier lalu tekan ok

62.Klik kanan suara pada panel library yang digunakan sebagai suara saat pemain mendapatkan koin lalu pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan cling sebagai identifier lalu tekan ok

63. Klik kanan suara pada panel library yang digunakan sebagai suara saat pemain menabrak misil lalu pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan ledakan sebagai identifier lalu tekan ok

64. Klik kanan movie clip misil pada panel library dan pilih linkage. Pada panel yang muncul

berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan misil sebagai identifier lalu tekan ok

65. Klik kanan movie clip koin pada panel library dan pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan koin sebagai identifier lalu tekan ok

66. Klik kanan movie clip awan pada panel library dan pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan awan sebagai identifier lalu tekan ok


G. Memasukkan script

67. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

PANEL ACTION

//menghentikan agar tidak memainkan frame selanjutnya
stop();
//mendeklarasikan sound yang digunakan dalam game
ledakan = new Sound();
ledakan.attachSound("ledakan");
cling = new Sound();
cling.attachSound("cling");
musik = new Sound();
musik.attachSound("musik");
//ketika tekanan pada button main_btn dilepaskan
main_btn.onRelease = function() {
//mainkan frame berlabel game
gotoAndPlay("game");
};
//matikan seluruh suara
stopAllSounds();
//mainkan suara yang terdapat dalam musik sebanyak 999
musik.start(0, 999);
68. Klik frame 7 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

//menghentikan frame agar tidak memainkan frame selanjutnya
stop();
//membuat variabel kecepatan dengan nilai 10
kecepatan = 10;
//membuat variable skor dengan nilai 0
skor = 0;
//membuat variable waktu dengan nilai 0
waktu = 0;
//membuat variable life dengan nilai 3
life = 3;
//perintah yang dijalankan ketika frame didalam movie clip pemain dijalankan
pemain.onEnterFrame = function() {
//tampilkan Score : + nilai variable skor pada dynamic text dengan var skor_tampil
skor_tampil = "Score : "+skor;
//tampilkan Life : + nilai variable life pada dynamic text dengan var life_tampil
life_tampil = "Life : "+life;
//nilai variable waktu ditambah 1
waktu++;
//jika tombol panah atas ditekan dan movie clip ini tidak menabrak movie clip atas
if (Key.isDown(Key.UP) && !this.area.hitTest(atas)) {
//koordinat y movie clip ini dikurangi nilai variable kecepatan
this._y -= kecepatan;
}
//jika tombol panah bawah ditekan dan movie clip ini tidak menabrak movie clip bawah
if (Key.isDown(Key.DOWN) && !this.area.hitTest(bawah)) {
//koordinat y movie clip ini ditambah nilai variable kecepatan
this._y += kecepatan;
}
//jika tombol panah kanan ditekan dan movie clip ini tidak menabrak movie clip kanan
if (Key.isDown(Key.RIGHT) && !this.area.hitTest(kanan)) {
//koordinat x movie clip ini ditambah nilai variable kecepatan
this._x += kecepatan;
}
//jika tombol panah kiri ditekan dan movie clip ini tidak menabrak movie clip kiri
if (Key.isDown(Key.LEFT) && !this.area.hitTest(kiri)) {
//koordinat x movie clip ini dikurangi nilai variable kecepatan
this._x -= kecepatan;
}
//jika movie clip kotak tidak menabrak koordinat x=0 dan y=0 movie clip mini
if (!kotak.hitTest(mini._x, mini._y)) {
//koordinat x movie clip mini ditambah 0.3
mini._x += 0.3;
}
//jika movie clip kotak menabrak koordinat x=0 dan y=0 movie clip mini
if (kotak.hitTest(mini._x, mini._y)) {
//mainkan frame berlabel menang
gotoAndPlay("menang");
}
//jika nilai variable waktu sama dengan 5 atau 25 atau 45 atau 75 atau 90
if (waktu == 5 || waktu == 25 || waktu == 45 || waktu == 75 || waktu == 90) {
//masukkan movie clip dengan identifier misil pada kedalaman paling atas dengan instance name misil pada posisi x 600 dan y nilai acak 270 ditambah 10
misil = attachMovie("misil", "misil"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:600, _y:random(270)+10});
//perintah yang dijalankan ketika frame didalam movie clip misil dijalankan
misil.onEnterFrame = function() {
//koordinat x movie clip ini dikurangi 8
this._x -= 8;
//jika movie clip ini menabarak movie clip area di dalam movie clip pemain dan frame movie clip ini berada pada frame 1
if (this.hitTest(pemain.area) && this._currentframe == 1) {
//nilai variable life dikurangi 1
life -= 1;
//mainkan suara yang terdapat dalam ledakan sebanyak 1 kali
ledakan.start(0, 1);
//mainkan frame 2 movie clip ini
this.gotoAndPlay(2);
}
//jika koordinat movie clip ini berada diposisi kurang dari -100
//atau frame berada di frame 13
//atau frame berada di frame 19
if (this._x<-100 || _currentframe == 13 || _currentframe == 19) {
//hapus movie clip ini dari stage
this.removeMovieClip();
}
};
}
//jika variable waktu bernilai 10
if (waktu == 10) {
//masukkan movie clip dengan identifier koin pada kedalaman paling atas dengan instance name koin pada posisi x 600 dan y nilai acak 270 ditambah 10
koin = attachMovie("koin", "koin"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:600, _y:random(270)+10});
//perintah yang dijalankan ketika frame didalam movie clip koin dijalankan
koin.onEnterFrame = function() {
//koordinat x movie clip ini dikurangi 5
this._x -= 5;
//jika movie clip ini menabrak movie clip area di dalam movie clip pemain
if (this.hitTest(pemain.area)) {
//nilai variable skor ditambah 100
skor += 100;
//mainkan suara yang terdapat didalam cling sebanyak 1 kali
cling.start(0, 1);
//hapus movie clip ini dari stage
this.removeMovieClip();
}
//jika koordinat movie clip ini berada diposisi kurang dari -50
//atau frame berada di frame 13
//atau frame berada di frame 19
if (this._x<-50 || _currentframe == 13 || _currentframe == 19) {
//hapus movie clip ini dari stage
this.removeMovieClip();
}
};
}
//jika variable waktu bernilai 10 atau 80
if (waktu == 20 || waktu == 80) {
//masukkan movie clip dengan identifier awan pada kedalaman paling atas dengan instance name awan pada posisi x 650 dan y nilai acak 250
awan = attachMovie("awan", "awan"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:650, _y:random(250)});
//membuat variable kecepatan di dalam movie clip awan dengan nilai acak 2 ditambah 2
awan.kecepatan = random(2)+2;
//perintah yang dijalankan ketika frame didalam movie clip awan dijalankan
awan.onEnterFrame = function() {
//koordniat x movie clip ini dikurangi nilai variable kecepatan movie clip ini
this._x -= this.kecepatan;
//jika koordinat movie clip ini berada diposisi kurang dari -50
//atau frame berada di frame 13
//atau frame berada di frame 19
if (this._x<-50 || _currentframe == 13 || _currentframe == 19) {
//hapus movie clip ini dari stage
this.removeMovieClip();
}
};
}
//jika variable waktu bernilai 121
if (waktu == 121) {
//ubah nilai varibale waktu menjadi 0
waktu = 0;
}
//jika variable life bernilai kurang dari 0
if (life<0) {
//mainkan frame kalah
gotoAndPlay("kalah");
}
};

69. Klik frame 13 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

//menghentikan frame agar tidak memainkan frame selanjutnya
stop();
//tampilkan nilai variable skor pada dynamic text dengan var skor_tampil
skor_tampl = skor;
//ketika tekanan pada button mainlagi_btn dilepaskan
mainlagi_btn.onRelease = function() {
//mainkan frame berlabel menu
gotoAndPlay("menu");
};

70. Klik frame 19 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

//menghentikan frame agar tidak memainkan frame selanjutnya
stop();
//tampilkan nilai variable skor pada dynamic text dengan var skor_tampil
skor_tampl = skor;
//ketika tekanan pada button mainlagi_btn dilepaskan
mainlagi_btn.onRelease = function() {
//mainkan frame berlabel menu
gotoAndPlay("menu");
};


LIHAT HASILNYA


selamat mencoba.....Image Hosting by PictureTrail.com
Lebih baru Lebih lama

Popular Items