cara menampilkan maps google di blog

Akhir-akhir ini jejaring sosial berbasis lokasi mulai banyak digandrungi di Indonesia. Mulai dari pemain lokal macam Koprol.com yang beberapa minggu kemarin sukses diakuisisi oleh Yahoo! sampai buatan orang bule ini, Foursquare.com. Nah kebanyakan dari web-web berbasis lokasi tersebut ternyata menggunakan API Google Maps untuk tampilan mapsnya.

Nah kali ini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang jejaring sosial berbasis lokasi tersebut. Melainkan akan memberikan sedikit tips tentang cara mudah menampilkan maps Google ke dalam blog ataupun website kita :). Pertama, masuk dulu ke situs Google Maps kemudian masukkan keyword nama lokasi yang ingin kita tampilkan mapnya. Sebagai contoh saya inputkan “Malang”.

Setelah muncul mapnya seperti di bawah ini, alihkan perhatian ke pojok kanan atas halaman web yang terdapat menu “Link”. Klik pada menu tersebut dan copypaste kode iframe ke halaman blog/website.



Jika kurang puas dengan tampilan maps tersebut, bisa disetting ulang dengan cara klik menu “Customize and preview embedded map”. Selanjutnya tinggal kita pilih ukuran maps sesuai dengan selera. Untuk zooming map bisa dilakukan dengan cara klik pada menu (+) dan (-). Sedangkan untuk tampilan mapnya bisa dipilih dalam bentuk map sederhana ataupun pandangan satelit. Langkah terakhir, copypaste kode hasil generate tersebut ke blog/website kamu.

NB : Agar terlihat rapi, tampilan maps tersebut bisa ditambahin border menggunakan style berikut :

style="border:6px solid #f1f1f1;" taruh di tag iframe yah



Dan lihat hasilnya rumah gua yang gedong keliatan bro.........
Lebih baru Lebih lama

Popular Items